Rabu, 08 Agustus 2012

CARA GURAH TETESHIDUNG UNTUK KESEHATAN


Apakah yang dimaksud dengan Gurah Tetes?
berbagai kuman penyakit menimbulkan banyak masalah kesehatan.. Cara mengatasinya adalah dengan nyameneteskan ramuan khusus ke dalam hidung. Khasiat ramuan tadi membuat semua syaraf tubuh bereaksi menekan, mendorong dan mengeluarkan kotoran berupa lendir yang mengandung penyakit dan mengandung racun (dari : kopi, rokok, alkohol, debu, obat-obatan, dll) Lendir akan keluar lewat rongga hidung dan mulut. Sehingga seluruh pernafasan, pencernaan dan darah akan bersih. Proses gurah ini tidak sakit dan hanya membutuhkan waktu kira-kira satu jam.Gurah Tetes adalah cara membersihkan dan mengeluarkan kotoran berupa lendir beracun dan mengandung penyakit.

Manfaat dan Khasiat GURAH TETES

Membuat suara menjadi : kuat, keras, nyaring lantang dan panjang. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang biasa berbicara di depan publik. Menjadikan suara sangat bersih, halus dan ringan. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berprofesi penyanyi, artis, qori-qori'ah, pesinden dan lain-lain.

Membesarkan volume paru-paru dan membuat napas lebih panjang dan biasa juga digunakan oleh mereka yang menekuni olah napas tenaga dalam, yoga, meditasi, beladiri, atlit, olahragawan, pesenam dan lain-lain.

Membantu menjernihkan pikiran.

Membantu proses penyembuhan berbagai penyakit, diantaranya : Sinusitis, TBC, asma, sesak napas, mengguk dan penyakit paru-paru. Sakit kepala, mudah pusing, stress, migrain. Flu, pilek, alergi debu, hidung meler berkepanjangan. Gangguan lambung, gangguan saluran pernafasan, saluran percernaan. Melarutkan lendir yang mengganggu saluran pernafasan. Melarutkan lendir dan jamur serta kerak/kotoran yang menempel pada lapisan/selaput paru-paru bagain dalam dan luar. Membersihkan semua kotoran-kotoran yang ada pada kandung kemih/kandung kencing. Menghancurkan batu ginjal dan batu pada kantong seni/kencing.
Membantu mengobati penyakit : sesak nafas, batuk kering, batuk basah, brochitis, flek paru-paru, iritasi paru-paru. Mencegah dan menyembuhkan sumbatan hidung, pholip, bengkak hidung akibat polusi udara dan bau-auan. Mencegah dan menyembuhkan penyakit amandel atau tonsil. Mencegah dan menetralisir tekanan darah sehingga kondisi darah menjadi normal. Mencegah dan menyembuhkan kram/kejang/stress dan stroke/kelumpuhan jasamani akibat over dosis obat-obatan/zat kimia maupun karena daya emosional/ambisi yang kelewat batas, epilepsi, dan lain-lain.
Cara membuat ramuah gurah sendiri.
Kulit akar ditumbuk dan diseduh dengan air, kemudian diteteskan pada hidung. Reaksinya adalah pengeluaran lendir dari hidung dan mulut selama sekitar 1 jam. Meskipun sangat pegal, jangan diputus. Biarkan lendir mengalir keluar hingga bersih. Jika diputus dapat menyebabkan suara menghidung.

Istilah Gurah dikenal kalangan pesinden, penyanyi, qori, ataupun qoriah untuk merujuk proses menyaringkan suara dengan akar tumbuhan sirgunggu (Clerodendron serratum). Selain untuk memperindah suara, gurah juga terbukti sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan pernafasan.
Tumbuhan sirgunggu berupa perdu yang tingginya 3 m. Daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai memanjang, tebal dan kaku. Tepi daun beringgit. Bunganya berwarna putih-violet tersusun dalam malai. Buah yang berwarna hijau kehitaman berupa buah batu berbentuk bulat telur.
Tumbuhan obat yang satu ini ternyata sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sejak dulu. Akarnya diremas-remas halus dan ditelan untuk mendapatkan suara nan jernih. Seduhan akarnya merupakan obat asma, bronkhitis, atau sebagai peluruh air seni (kencing batu).
Daunnya bermanfaat untuk menyegarkan kondisi wanita yang sedang nifas. Sebagai obat luar, daun ditumbuk dengan adas pulosari untuk encok dan nyeri atau kelelahan pada sendi. Daun mudanya diremas-remas dan ditambah sedikit kapur menjadi obat gosok. Seduhan daun dengan garam serta temulawak dapat diminum untuk perut yang membusung dan sebagai obat cacing. Infus daun tumbuhan ini sudah diteliti secara in vitro mampu menghancurkan batu ginjal. Di lampung buah masak atau yang masih mentah dikunyah bersama sirih untuk obat batuk berat. Penelitian di National Cancer Institut, Washington menyatakan, ekstrak air tumbuhan ini aktif sebagai anti-HIV in vitro.
Kandungan kimia tumbuhan sirgunggu pada bagian-bagian tubuhnya berbeda-besa. Daunnya mengandung unsur kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon. Pada kulit akarnya terdapat glikosida fenol, manitol, dan sitosterol. Sementara kulit batangnya mengandung senyawa triterpen, asam ureanulat, asam kueretaruat, dan asam seratogenat.

2 komentar:

  1. mba zahra jual tidak pruduk gurah hidung ini... klo proses gurah hidung
    dilakukan sendiri tanpa pengawasan ahli apa tidak berbahaya

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informnasinya gan
    http://ichalrakot.blogspot.com/2014/01/pengobatan-tradisional-penyakit.html

    salam kenal ichalrakot

    BalasHapus